Kuliner · Wisata · Informasi · Event · Wirausaha · Komunitas

Wedang Uwuh, Minuman Tradisional dari Imogiri Yogyakarta

Halo pecinta Explore Surabaya... Edisi kangen dengan tanah leluhur kali ini saya akan membahas tentang minuman tradisional khas dari Imogiri Yogyakarta, yaitu wedang uwuh. Minuman yang berasal dari Imogiri ini menjadi terkenal karena banyaknya khasiat yang diberikan. Penggunaan bahan-bahan alami dari rempah yang ada di hutan dan bebas dari bahan pengawet menjadikan minuman ini diburu oleh pecinta minuman hangat.

Awalnya saya sempat bertanya ke sepupu saya yang tinggal di Imogiri kabupaten Bantul, arti dari kata uwuh itu sendiri pada saat mampir ke warung di sekitaran makam raja-raja Mataram yang menjajakan wedang uwuh. Sepupu saya sempat tidak enak hati mengatakannya ke saya karena menurut dia waktunya yang tidak pas.

Wedang Uwuh, Minuman Tradisional dari Imogiri Yogyakarta
Wedang Uwuh
Setelah berjalan agak menjauh dari warung itu, dia mengatakan ke saya bahwa sebenarnya arti dari uwuh adalah sampah. Sedangkan wedang adalah minuman. Kenapa dinamakan wedang uwuh? Karena awal mulanya bahan-bahan yang digunakan berserakan dimana-mana menjadi sampah dari pepohonan yang ada di hutan. Kemudian dikumpulkan dan diseduh dengan air panas sehingga menjadi sebuah wedang yang hangat di tenggorokan.

Saat ini, wedang uwuh sudah dikemas dengan baik dan menjadi pesaing wedang jahe dalam hal minuman penghangat tenggorokan. Bahkan pemasarannya sudah sampai keluar Yogyakarta dan ternyata di Surabaya sudah banyak angkringan yang menjual wedang uwuh ini. Minuman yang awal mulanya hanya sebagai bahan guyonan saja karena namanya yang nyentrik ternyata menjadi fenomenal.

Demikian semoga bermanfaat. Sekian terima kasih. Oiya kalau mau mencoba wedang uwuh ini bisa dijumpai di Angkringan Jogja, Jajanan Malam Masa Kini

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Wedang Uwuh, Minuman Tradisional dari Imogiri Yogyakarta"

Post a Comment