Kuliner · Wisata · Informasi · Event · Wirausaha · Komunitas

Sisi Lain Kawasan Industri SIER ( Surabaya Industrial Estate Rungkut )

Sisi Lain Kawasan Industri SIER - Halo pecinta Explore Surabaya...Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa Surabaya terkenal dengan kota yang panas. Pendapat yang masuk akal karena saya juga mengalami apa yang mereka rasakan. Apalagi di musim kemarau jika keluar sebentar terkena terik matahari tanpa pelindung kulit, dapat dipastikan kulit akan cepat berubah warna menjadi agak gelap.

Kenapa Surabaya menjadi kota yang panas? Mungkin ada dua alasan yang masih rasional. Yang pertama, kota Surabaya terletak di pinggir pantai. Berdasarkan data dari buku publikasi Surabaya Dalam Angka yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, sebelah utara dan timur kota ini berbatasan langsung dengan Selat Madura. Analisa saya kalau sebuah kota berbatasan dengan laut, ada efek panas yang dibawa oleh angin laut ke tengah kota. Inilah yang membuat hawa di Surabaya menjadi agak panas.
Alasan kedua kenapa Surabaya menjadi agak panas adalah karena terdapat beberapa kawasan industri yang besar. Kawasan industri di Surabaya berada di wilayah barat dan timur kota. Di wilayah timur ada kawasan industri yang sangat terkenal bernama Surabaya Industrial Estate Rungkut atau disingkat SIER.
Sesuai dengan judul artikel diatas, ada sisi lain dari kawasan industri SIER yang cukup menarik perhatian saya. Betapa takjubnya ketika saya melintasi jalan utama kawasan ini menggunakan sepeda motor di siang hari dan tidak merasakan teriknya matahari karena tertutup oleh rindangnya pepohonan disepanjang jalan.

Penataan pepohonan yang baik membuat para pengendara sepeda motor sangat nyaman melintasi kawasan ini. Tidak pernah saya merasakan seperti itu ketika saya berada di Jakarta. Hal itulah yang membuat saya mengubah anggapan bahwa tidak selalu melintasi suatu kawasan industri identik dengan suasana panas dan sumpek melihat truk-truk besar. 
Sisi Lain Kawasan Industri SIER ( Surabaya Industrial Estate Rungkut )
Kawasan Industri SIER ( Surabaya Industrial Estate Rungkut )

Kota besar seperti Surabaya memang membutuhkan pepohonan disepanjang jalan sebagai paru-paru kota untuk mengurangi polusi udara yang sangat memprihatinkan. Demikianlah sisi lain dari kawasan industri Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Sisi Lain Kawasan Industri SIER ( Surabaya Industrial Estate Rungkut )"